JAKARTA – Guna meningkatkan kapasitas perempuan disegala bidang, khususnya Representasi politik perempuan di parlemen, Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Republik Indonesia menggelar Kegiatan Konsolidasi Nasional III, Kamis (16/11/2017).

Kegiatan ini berlangsung di kompleks Parlemen Republik Indonesia jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan dihadiri langsung oleh seluruh pengurus KPP dari 34 Provinsi di Indonesia, diantaranya yaitu pengurus KPP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diketuai anggota Komisi D DPRD Kalteng Andina Theresia Narang.

Kegiatan yang didominasi oleh kaum hawa tersebut juga diisi dengan sambutan Ketua Presidium Nasional Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

“KPP RI dibentuk atas kesadaran terhadap pentingnya wadah komunikasi antar perempuan parlemen di Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sejalan dengan komitmen awal pembentukan organisasi KPP RI pada tanggal 19 Juli 2001,” kata Gusty.

Lanjutnya, KPP RI dibentuk atas kesadaran terhadap pentingnya wadah komunikasi antar perempuan parlemen. Hal ini dalam upaya penguatan kapasitas perempuan parlemen secara bersama, membangun sinergi gerakan yang mendukung lahirnya kebijakan yang berpihak pada perempuan dan anak.

“Kemudian untuk menghimpun dukungan bagi perempuan parlemen dalam merumuskan dan melahirkan kebijakan yang responsif gender.” Ucap Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Lebih lanjut GKR Hemas juga memaparkan visi dan misi dari KPP RI. Kepengurusan Presidium Nasional KPP RI mengemban visi untuk mengupayakan terciptanya tatanan, relasi sosial, dan pola perilaku yang kondusif untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis, menghargai keberagaman, bebas dari diskriminasi dan terwujudnya kesetaraan dan keadilan dalam seluruh bidang kehidupan.