Trasmigrasi SP1 Kecamantan Jelai Diperkirakan Baru Terealiasi Pada 2019

Masyarakat transmigrasi saat berada di perkebunan jeruk di Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara.

SUKARAMA, Mediaborneo.co – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukamara memperkirakan program trasmigrasi di SP 1, Kecamatan Jelai, baru terealisasi pada 2019 mendatang.

Program yang direncanakan sejak 2017 itu masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Kalimantan Tengah.

“Program trasmigrasi di SP 1, Kecamatan Jelai, kemungkinan baru teraliasi pada 2019 mendatang,” ungkap Kepala Disnakertrans Sukamara Evi Andriani, Jumat (9/2/2018).
Menurut Evi, untuk mendapat surat keputusan (SK) penetapan dari Kementerian Transmigrasi, harus adanya usulan dari bupati dan juga rekomendasi dari gubernur.

“Setelah adanya usulan dan rekomendasi dari gubernur, baru nantinya ditetapkan oleh kementerian,” sebutnya.

Evi melanjutkan, saat ini proses yang dilaksanakan masih dalam tahap menunggu rekomendasi dari gubernur. Diharapkan, bila tidak ada masalah, rekomendasi itu bisa secepatnya diproses dan SP 1, Kecamatan Jelai, ditetapkan sebagai kawasan transmigrasi oleh Kementerian Transmigrasi.

“Kami juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Transmigrasi Provinsi Kalteng terkait dengan upaya program transmigrasi ini dan dengan bekal persyaratan tersebut nantinya akan kita coba usulkan untuk masuk pada 2019,” ujar Evi Andriani. (*)