Sekretaris DPW PSI Kalimantan Tengah Rano Rahman.

MEDIABORNEO, Palangka Raya – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) Kalimantan Tengah membuka pendaftaran bagi calon legislatif secara daring. Hal ini sebagai bentuk keterbukaan partai dalam proses rekrutmen calon yang berintegritas.

Sekretaris DPW PSI Kalteng Rano Rahman mengatakan, pembukaan pendaftaran gelombang 2 ini untuk memenuhi kuota caleg non internal partai yang akan diusung pada pileg 2019 nanti. Ada dua cara untuk mendaftar yakni dengan mengakses laman psi.id atau datang ke basecamp PSI di kabupaten/kota masing-masing.

“Untuk tingkat kabupaten di Kalteng sudah lumayan hanya untuk tingkat provinsi yang kurang. Target kita untuk memenuhi kursi dapil masing-masing daerah,” jelas Rano di Palangka Raya, Selasa (2/1/2018).

Pendaftaran gelombang 2 sudah resmi dibuka dan akan berakhir pada akhir Februari 2018. Untuk syarat-syarat bagi bacalon legislatif yang berkeinginan mendaftar dan membawah perubahan, partai sudah mencantumkan di laman resmi PSI.

Dalam penjaringan bacalon yang akan diusung pada pileg nanti jelas Rano, partainya akan melakukan penyaringan secara ketat. Seleksi dilakukan bukan hanya oleh orang-orang dalam partai namun diikuti juga tim panelis independen dari kalangan profesional.

Selain itu, dalam proses wawancara dengan bacalon, partai akan menyiarkan secara langsung melalui media sosial resmi partai di tiap daerah. “Kita juga akan unggah di youtube sebagai pertanggungjawaban kepada publik,” tegas Rano.

Dijelaskan Rano, Indonesia khususnya Kalteng tidak kekurangan putra putri terbaik hanya saja tidak banyak dari mereka mau terjun ke dunia politik. Untuk itu PSI memberikan wadah agar mereka mau terjun ke dunia politik.

Dilanjutkannya, untuk kriteria caleg sendiri yang utama adalah memiliki visi kebangsaan. Jadi caleg yang mendaftar akan diminta membuat tulisan yang membahas bagaimana menyelesaikan masalah korupsi dan intoleransi. (ron)