Rawan Kebakaran Jelang Pilkada, Personel Damkar Dibekali Kemampuan Tambahan

PALANGKA RAYA – Belasan personel pemadam kebakaran (Damkar) Kota Palangka Raya mengikuti latihan rutin serta pembinaan fisik dan mental, di Markas Komando (Mako) Damkar di Jalan Diponegoro, Palangka Raya akhir pekan kemarin.

Komandan Regu (Danru) Damkar Sucipto S.Sos mengatakan, tujuan digelarnya latihan rutin, untuk meningkatkan pelayanan dalam memadamkan kebakaran.

“Dalam pilkada serentak tahun ini, personel kami diperbantukan dalam tim gabungan pengamanan. Sehingga saya rasa, personel dibekali dengan kemampuan. Terutama bagi anggota yang baru alias masih junior,” ucapnya.

Pembinaan mental serta fisik, kata Sucipto, juga sangat dibutuhkan oleh personel dalam bertugas.

Sebab, sesuai motto Damkar, Pantang Pulang Sebelum Padam, yang artinya setiap personel ditekankan untuk bisa bekerja dengan penuh tanggungjawab,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya tentu belajar dari pengalaman menjelang pilkada beberapa tahun lalu yakni terjadi kebakaran di beberapa tempat vital di Palangka Raya.

“Sehingga perlu ada latihan tambahan guna mengantisipasi hal tidak diinginkan di pilkada tahun ini,” ujarnya.

Secara umum lanjut Sucipto, personel memang mengadakan latihan selama satu kali dalam seminggu, dengan durasi 2-3 jam. “Minimal 2 sampai 3 jam dalam sehari agar terlatih,” tutupnya. (fer)