PALANGKA RAYA – Tampaknya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng harus bekerja keras dalam memajukan pariwisata Bumi Tambun Bungai. Pasalnya, dalam menarik ribuan bahkan jutaan wisata, baik lokal maupun mancanegara, beberapa hal harus segera dibenahi. Salah satunya fasilitas.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Dr Guntur Talajan SH M.Pd mengakui, sarana dan prasarana di destinasi wisata masih minim. Contohnya kata Guntur di Taman Nasional (TN) Sebangau.

“Kita akui, fasilitas wisata masih kurang. Kami mohon arahan dari pusat atau bertukar pendapat, bagaimana bisa mengembangkan sektor wisata agar lebih baik lagi,” kata Guntur kepada Wisnu Bawa Taruna Jaya selaku Pengembangan SDM Kepariwisataan Kemenpar RI ketika kegiatan Pembinaan Mitra Pariwisata, Kamis (23/11/2017).

Diterangkan Guntur, sebenarnya TN Sebangau memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh sejumlah tempat wisata yang ada di daerah lain. Misalnya, kelokan sungai dengan hutan tropis satu-satunya di dunia serta orangutan yang tidak pernah ada di hutan manapun.

“Bapak gubernur juga sudah meminta agar sektor pariwisata kita terus digenjot. Tentunya dengan anggaran yang sangat besar disertai dengan niat para penggiat wisata untuk mempromosikan ke luar,” tutupnya. (fer)

BERBAGI