Beruang Liar Masuk Pemukiman Warga, Tiga Hari Berkeliaran di Komplek

MEDIABORNEO, PALANGKA RAYA – Warga Jalan Tjilik Riwut Km 11,5 dibuat panik lantaran Beruang dewasa masuk ke permukiman, sejak dua hari lalu. Beruang berwarna hitam itu sempat ingin masuk ke rumah warga diduga mencari makan karena kelaparan.

“Sempat berdiri disitu. Tapi karena banyak yang lihatin, masuk lagi ke semak-semak,” ujar salah seorang warga sekitar Dimas.

Menurut pantauan, petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng memburu beruang tersebut dengan memasang alat perangkap di sekitar semak. Namun beruang itu sangat lincah berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lain.

Salah seorang petugas Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Kalteng Nurwahid, Jumat (2/2/2018) mengatakan, informasi keberadaan beruang liar di tengah permukiman ini beredar sejak tiga hari lalu. Ia menyebut, sepertinya hewan liar ini masih ada di sekitar pemukiman.

“Kita tidak tahu habitatnya darimana. Sejauh ini kami masih melakukan pengecekan, apakah masuk pemukiman karena wilayah tempat hidupnya rusak atau memang ada faktor lain. Kalau asal Beruang ini dari Taman Nasional Sebangau, rasanya tidak mungkin,” ungkapnya. (fer)