Pelantikan Kades PAW Desa Tumbang Salio Kecamatan Permata Intan oleh Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph di Aula DPMD Kabupaten Mura, Selasa (31/10/2017).

PURUK CAHU – Kepala desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW) hasil musyawarah Desa Tumbang Salio, Kecamatan Permata Intan Migun Piandi, secara resmi dilantik oleh Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M Yoseph. Dia pun menjadi pejabat desa definitif, Selasa (31/10/2017).

Pelantikan berlangsung di aula Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa (DPDM) Kabupaten Murung Raya yang berada di Kota Puruk Cahu.

Kepala DPMD Murung Raya, Sarwo Mintarjo mengatakan, pelantikan Kades PAW di Murung Raya merupakan pertama di Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam proses musyawarah pemilihan pada tanggal 20 Oktober 2017 lalu berlangsung tanpa tanpa hambatan.

“Karena kepala desa yang sebelumnya meninggal dunia makanya secepat mungkin dilakukan kepemihan Kades PAW agar roda pemerintahan didesa bisa berjalan, utamanya menyangkut masalah anggaran,” ungkap Sarwo.

Sementara itu sesudah melantik Kades terpilih, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph meminta agar kepala desa segera bekerja dengan mengumpulkan setiap elemen yang ada didesa, terutama melanjutkan program kepala desa terdahulu.

“Terutama harus pahami berbagai regulasi pemerintahan di desa menyangkut dana desa yang untuk Desa Tumbang Salio APBDesnya lebih dari Rp1,4 miliar,” ujar Perdie.

Dalam kesempatan tersebut Perdie juga meminta kepada pihak DPMD Mura dengan bekerja sama dengan pihak Kecamatan Tanah Siang untuk menjadwalkan pemilihan di Desa Dirung Bakung sebab kepala bersangkutan juga meninggal dunia.

“Kepala Desa Dirung Bakung juga meninggal beberapa minggu lalu sehingga perlu ada pejabat PAW. Saya minta di Bulan Nopember 2017 sudah ada hasil sehingga bisa dilantik sebelum memasuki tahun baru 2018 nanti,” tambah Perdie.

BERBAGI