Beranda Kapuas Pengurangan Pemukiman Kumuh di Kapuas Capai 36 Persen

Pengurangan Pemukiman Kumuh di Kapuas Capai 36 Persen

BERBAGI

KAPUAS – Kabupaten Kapuas mampu menurunkan angka pemukimam kumuh fi Ibu Kota Kabupaten sebesar 36 persen. Sebelumnya luas pemukiman kumuh 331,72 hektar dan kini tersisa 210,51 hektar.

Dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen(PPK ) NUSP-2 Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Heni Mariati, melalui program penuntasan kawasan kumuh terjadi perubahan penangan di Kuala Kapuas.

“Penanganan kawsan kumuh ini dilihat secara global skala kawasan masih belum sepenuhnya tuntas. Makanya kita menengani perzona lingkungan dan itu di kelola langsung oleh masyatakat dan ada hasilnya,” kata Heni Mariati, Senin (5/12/2017).

Kata Heni, pengelolaan secara swadaya melalui program NUSP dari tahun 2015 sampai 2017 berdasarkan data Dinas PUPRPKP sudah mencapai 36 persen. Belum secara skala kawasan.
“Itu baru data penanganan secara linhkungan sekitar 36 persen karena, kita belum menghitung secara global untuk kawasan dimana pembangunan sarana prasarana yang masih dikerjakan,” ungkapnya.
Kemudian kata Heni, pengadaan amrol, pengadaan perahu sampah, pembanguan tempat sampah 3R, pembuatan siring masih berlangsung dimana dibangun menguankan Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pensapatan Belajan Negara (APBN)
“Akan kita hitung kembali berapa sarana prasarana yang sudah measuk dan dinikamati oleh masyatakat.Sebab ada penanganan secara lingkungan yang di kerjakan oleh masyarakat sendiri dan pengadaan menggunkan APBD dan Dana Alokasi Khusus,” pungkasnya. (bro)