Sabtu, Juli 20, 2019
Kalimantan Tengah

Kejari Kapuas Resmikan Ruang Diversi

53Views

Kapuas,mediaborneo.com-Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Komaidi.SH.,meresmikan ruang Diversi(Ruang mediasi Anak) yang berlangsung kantor Cabang Kejari Negeri Kapuas diPalingkau Kamis(19/7/2018).

Kegiatan ini dihadiri unsur Tripika,Camat Badahup,Pualau Petak,Kapuas Murung,tokoh masyarakat,tokoh Agama,tokoh adat dan kepala desa meliput 3 kecamatan Dadahup,Kapuas Murung dan Pulau Petak.

Kepala kantor Cabang Kejaksaan Negeri Kapuas di Palingkau Martino Manula,mengatakan,akhirnya bangunan khusus penyelesaian kasus kriminal terhadap anak dibangun.Sebagai wadah mediasi penyelesaian antara kedua belah pihak yang bertikai.

“Ruang Diversi merupakan suatu wadah untuk perkara anak yang berurusan dengan hukum,”kata Martino Manalu.

Ia menjelasakan,sebelum kasus perkara anak yang berkaitan dengan hukum dilimpahkan ke persidangan,maka dilakukan mediasi antara kedua balah pihak di ruang diversi.Agar anak ini terhindar dari hukuman penjara.

“Selama masih didamaikan anak tersebut dikembalikan kepada orang tuanya untuk di didik dan Dibina.Sehingga tidak perlu masuk proses seperti orang dewasa,”ungkapnya.

Martino berharap,dengan adanya ruang Diversi ini pihaknya bisa melalukan mediasi antara anak yang melakukan perbuatan yang melawan hukum dengan keluarga korban.Baik di wilayah Kecamatan Kapuas Murung,Dadahup dan Pulau Petak.

“Saya berharap dengan adanya ruangan diversi ini dapat meningkatkan semangat kinerja rekan-rekan penegak hukum untuk mendukung UU perlindungan anak sebagai generasi penerus bangsa,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan