Sabtu, Juli 20, 2019
Kalimantan Tengah

Isu Pelantikan Pejabat EsolonTerkesanTergesa-gesa,Sebelum Ben-Nafiah Dilantik

50Views

Palangkaraya,mediaborneo.com-Sesuai tupoksi serta dasar hukum sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku,Bupati defintip memiliki hak sepenuhnya atas penyusunan dan pergeseran pejabat esolon.Namum terendus informasi dan indikasi pengangkatan pejabat eselon di lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas,sebelum Bupati terpilih dilantik terkesan tergesa-gesa.

“Kita minta agar tidak ada pengangkatan pejabat eselon yang baru sebelum Bupati defenitif dilantik. Saran ini saya sampaikan dikarenakan adanya informasi dan indikasi akan adanya pengangkatan pejabat eselon sebelum pelantikan Bupati Kapuas,”kata Ketua Lembaga Musyawarah Masyarakat Adat Dayak dan Daerah Kapuas yang juga merupakan Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Betang Hapakat William Assan, dia Palangka Raya, Minggu (26/8/2018).

Padahal, lanjut Wiliam,pelantikan Bupati Kapuas definitif tinggal menghitung hari saja yakni diperkirakan sekitar tanggal 20 September 2018 mendatang.
“Isu pelantikan pejabat eselon terkesan terburu-buru, ini pun menjadi pertanyaan,”terangnya

Ia menambahkan, tentu pelantikan pejabat eselon dalam kabinet kerja di Pemerintah Kabupaten Kapuas, harusnya merupakan orang pilihan Bupati Kapuas Definitif. Hal ini karena Bupati Kapuas dalam hal ini pak Ben Brahim S Bahat, tentu tahu siapa saja yang berkopenten dan profesional dalam membantunya bekerja di pemerintahan.

“Pak Ben pasti sudah memiliki nama-nama pejabat yang berkopeten dan profesional dalam mendukung program kerja visi dan misi beliau lima tahun kedepan,”jelasnya.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, mengingat beberapa hari yang lalu yakni tepatnya Jumat (24/8/2018) diduga sudah terjadi mutasi jabatan. Yaitu Sekcam Mandau Talawang bernama Maspine (yang diduga merupakan saudara dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Kapuas), dimutasi menjadi Plt Camat Kapuas Hulu. Begitupun dikabarkan kini Sekcam Mandau Talawang mengalami kekosongan.

Hal ini dibenarkan oleh mantan Plt Camat Kapuas Hulu Rusinde. “Saya memang sebelumnya sudah mengajukan pensiun dini, nah saya menerima SK pensiun saya pada Jumat (24/8/2018) pagi sekitar pukul 11.00 Wib. Kemudian saya juga kaget karena seperti tergesa-gesa, begitu saya nerima surat pensiun, hari itu juga Jumat sekitar pukul 13.00 Wib saya dihubungi bahwa ada serah terima jabatan dengan Plt yang baru berdasarkan surat tugas pak Pj Bupati yakni bu Maspine yang sebelumnya merupakan Sekcam Mandau Talawang,” jelasnya.

Dia pun mengaku awalnya serah terima direncanakan di Kantor Bupati Kapuas. “Saya cari pak Sekda tidak ada, akhirnya kami serah terima di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Kapuas,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan