BUNTOK – Kabag Ops Polres Barito Selatan Kompol Aminuddin meminta anggotanya untuk berinovasi guna meningkatkan budaya tertib berlalu-lintas. Hal itu dia sampaikan saat pimpin apel gelar pasukan operasi zebra. Dihalaman Mapolres, Rabu (1/1/2017).

“Operasi zebra telabang ini untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas guna mewujudkan kamseltibcar lalulintas yang mantab,” kata Aminuddin. 

Ia mengatakan, saat ini perkembangan transportasi telah masuk dalam era digital. Hal ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polisi khususnya Sat lantas.

Seiring dengan hal itu, lanjut dia, program Kapolri profesional Modern terpecaya (Promoter) wajib dijalankan oleh polisi lalu lintas. 

Menurutnya, sesuai amanat undang-undang No. 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pihaknya berharap bisa mewujudkan beberapa poin. 

Poin tersebut, lanjut dia, mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas)¬. 

Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. 

“Beberapa poin tersebut merupakan hal yang kompleks yang tidak bisa ditangani oleh polisi lalulintas sendiri,” jelas dia. 

Ia pun berharap, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Dalam operasi ini, lanjut dia, pihaknya fokus kepada pengendara yang melawan arus dan kendaraan bak terbuka. 

Operasi zebra telabang ini dilaksanakan selama 14 hari, dimulai pada hari ini tanggal 1-14 November 2017. (URIUTU DJAPER).