PALANGKA RAYA – Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) semakin eksis dalam meningkatkan minat baca anak-anak dengan menyediakan perpustakaan. Seperti di Markas Unit (Marnit) DAS Kahayan Palangka Raya di Jalan Kalimantan, Jumat (22/12/2017).

Berbagai macam buku disediakan, baik dari cerita bergambar hingga ilmu pengetahuan. Tak khayal, marnit yang biasanya sepi, kini menjadi ramai dikunjungi orangtua dan anak-anak sekitar bantaran Sungai Kahayan.

‚ÄúPulang sekolah bisa langsung main-main ke sini. Sambil baca-baca buku punya pak polisi. Disini (marnit) rame,” ucap salah seorang anak, Ani.

Menurut Kepala Markas Unit (Kamarnit) Brigpol Abdulloh SH, pihaknya ingin memaksimalkan ruangan yang tidak terpakai agar bisa digunakan untuk kepentingan menolong warga sekitar. Alhasil, hanya beberapa hari dibuka, lokasi sudah diserbu oleh anak-anak.

“Sekaligus menciptakan suasana keakraban antara polisi dengan warga sekitar melalui program Ditpolair Kalteng yang ikut mencerdaskan masyarakat melalui baca,” katanya.

Layaknya perpustakaan, lanjut Abdul, perpustakaan bantaran sungai ini menempatkan buku di rak buku dan lemari. Bekas ruang kamarnit disulap menjadi tempat membaca ber AC.

“Kami akui masih ada keterbatasan. Namun ke depan berupaya melakukan peningkatan. Untuk menjangkau warga pinggiran yang membutuhkan,” tutupnya. (fer)

BERBAGI