Ada Karhutla, Pangdam dan Kapolda Langsung Dicopot

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berbicara kepada Danrem dan Kapolda di Istana Merdeka. Istimewa

MEDIABORNEO, PALANGKA RAYA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bakal mencopot Pangdam, Dandrem hingga Kapolda jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2018.

Hal ini, kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, diungkapkan oleh presiden saat pertemuan dengan seluruh, Pangdam, Kapolda serta Kapolres se-Indonesia di Istana Presiden di Jakarta, Selasa (6/2/2018) kemarin.

“Jika ada kebakaran yang tidak bisa tertangani di wilayah masing-masing, Pangdam dan Kapolda bakal diganti. Wilayah paling kecil, Kapolres dan Kapolsek yang bakal dicopot,” ujar Timbul melalui via Whatsapp.

Menurut Presiden, lanjut Timbul, cara tersebut sangat efektif untuk mencegah karhutla. Selain itu kata Kapolres, presiden menginginkan agar masyarakat dan perusahaan diajak untuk menanggulangi kabut asap akibat karhutla.

“Kami akan memaksimalkan peran babinkamtibmas. Karena menyentuh langsung ke lapangan. Lantaran ini perintah harus kami laksanakan. Teman-teman di lapangan juga diminta menjalankan intruksi,” tutupnya. (fer)