700 Batang Kayu Ilegal Hanyut di Sungai Mentaya, Polair Kejar Pemiliknya

PALANGKA RAYA, Mediaborneo.com- Pihak Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kalteng berhasil mengamankan ratusan batang kayu tidak bertuan di aliran sungai Desa Soren, Kecamatan Kota Besi, Kotim.

Direktur Polisi Perairan (Dirpolair) Kombes Pol Badarudin ketika dibincangi, Sabtu (10/2/2018) membeberkan, 700 batang kayu jenis rimba campuran dan sedikit meranti tersebut berhasil ditemukan anggota Subdit Penegakan Hukum pada 8 Februari lalu di Sungai Mentaya.

“Sekitar tiga rakit. Ditemukan mengapung. Rata-rata berdiameter 2 hingga 4 meter. Ini bukan pengungkapan, tapi penemuan sehingga pemiliknya masih diselidiki,” ujarnya.

Mantan Dirpolair Polda Kalbar ini menduga, kayu-kayu tersebut ilegal karena sengaja disembunyikan untuk mengelabui petugas. Tapi, gagal dibawa karena keburu ditemukan oleh anggota yang sedang patroli sungai.

“Siapa pemiliknya? Ini masih kami cari. Yang pasti, polisi sudah memiliki data, siapa-siapa saja oknum atau perusahaan yang kerap melakukan illegal logging di Kalteng,” katanya.

Badarudin pun tidak menampik, jika saat ini di Kotim, sedang marak illegal logging. Ulah pelaku yang terendus katanya, tidak lagi menghanyutkan di sungai besar, namun lebih memanfaatkan anak-anak sungai. 

“Waktu malam dikumpulkan disatu tempat. Terus dibawa diam-diam. Ini modus yang biasa kami temukan,” ungkapnya. (fer)