KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menyalurkan 2000 ekor itik Alabio kepada kelompok ternak di 5 kecamatan yakni Mantangai, Basarang, Kapuas Murung, Bataguh dan Tamban Catur. Untuk total bantuan selama 2017 sekitar 3000 ekor itik.
Kepala Bidang Peternakan Hery mengatakan, ternak itik jenis alabio sangat menjanjikan untuk dikembangkan di Kabupaten Kapuas.

“Tahun 2017 ini sekitar 3000 ekor itik alabio sudah kami salurkan kepada kelompok ternak penerima manfaat. Untuk APBD Murni 1000 dan ABT sektoral 2000 ekor,” kata Hary, Rabu (6/12/2017).

Bantuan berupa hibah lanjut Hery, akan diterima oleh kelompok yang sudah memasuki proposal akan tetapi dilakukan survei dulu apakah layak untuk mendapat bantuan tersebut.

“Memang banyak proposal dalam bentuk permohonan. Karena bantuan hibah, maka kita melakukan survei dulu apakah layak dibantu,” terangnya.

Dia mengungkapkan, bantuan dalam bentuk hibah dan kelompok ternak harus serius untuk mengembangkan ternak itik. Sebab ada perjanjian dan pengawasan dari Dinas akan terus dilakukan.

“Kita akan terus melakukan pengawasan, apabila ada yang menjual akan menjadi cacatan bagi kami untuk tidak memberikan bantuan lagi. Bantuan untuk 1 kelompok sekitar 250 ekor itik,” pungkasnya.(bro)

BERBAGI